Curhat-Galau Skripsi ~~,

Cuma mau cerita pengalaman nyusun skripsi. . . ga akan ada yang baca ini sih sebernya, lagian ini wp gw, jadi isinya ya suka-suka gw, , , ahahahaii…

 

Dari awal masuk kuliah yang paling gw takutin adalah nyusun skripsi sama sidangnya, jujur gw masih suka gugup kalo harus presentasi di depan orang apalagi ini sidang dengan tekanan yang bgitu, , , ehmm deh pokoknya. . .

Semester 7 harus udah mulai nyusun proposal penelitian, judul pertama di terima,, , kata dosennya iya udah itu aja. setelah di pikir-pikir agak kurang srek gitu. .. ngajuin judul kedua, , , di terima juga, cuma masih kurang srek soalnya sumber-sumbernya masih kurang banyak gw takut nanti pas udah jadi ribet nyari sumbarnya. Akhirnya asal nemu judul aja yanudah pas diajuin emang udah pasti di acc sih. . .

Nyusunnya penuh cobaan banget, jadi pas nyusun lagi ribut sama mantan pacar, kebetulan waktu itu gw pake lepi dia soalnya lepi gw lagi di servis. . . emang dasarnya udah ga nemu kecocokan lagi karena berbagai hal yang ya bisa di maafin, cuma galau mau udahan tapi gw masih butuh lepinya . (abaikan yang ini) . ujung-ujungnya udahan juga sih .T.T. Gw harus ngebujuk si mamah biar mau bayarin servisan lepi yang katanya harus ganti Hardisk, waktu itu mahal banget sekitar 800-900rb kalo ga salah. hmm akhirnya beli juga. setelah di selidiki kata temen gw itu bkn masalah Hardisk tapi fleksibelnya yang rusak makanya lepinya suka genit kedip-kedip gitu. . . nah loh….??? jadi hati-hati buat yang mau servis lepi, sebaiknya tanyan ke yang bener-bener ahli dan emang bener setelah di servis masih genit tuh lepi… huuuhhh… akhirnya gw bertahan ngerjain proposal dan sampe sekarang negrjain skripsi pake lepi genit ini (tapi tetep qo,, gw sayang sama nih lepi… ~~,).

Seminar proposal, . . . udah di kumpulin draftnya, malem sblum hari H, deg-degan minta ampun makan aja ga nafsu padahal udah beli makanan favorit gw (udang bakar) …. u.u . . Ternyata setelah di cek sama pacar baru gw (:-D) banyak banget typo, masih ada sedikit kopasan yg blm gw hapus (?????), latar belakangnya ga nyambung,, , , Galau tingkat dewa. .  udah pasti di cecer abis-abisan besok mungkin ga akan di lulusin T.T (pikir gw). . Semaleman ga tidur, baca-baca, nyari pengalihan jawaban kalo ga bisa jawab (ga berhasil dan tetep aja ga bisa jawab. hehehehe) dan pastinya berdoa, solat tahajud semaleman , minta do’a juga sana sini biar di gampangin, doa orang tua yang paling penting, asli mujarab banget dan emang bener bikin tenang.. Hari H seminar, ternyata reviwernya di ganti tapi dengan karakter yang lumayan sama.. . (Pasrah). Gw urutan ke 3, setelah liat dua temen yang presentasi dengan SANGAT LANCAR, makin nambah gugup aja gw. Giliran gw presentasi, emang ga selancar kedua temen gue sih, tapi ga buruk-buruk amat. Nah,,, pas sese tanya jawab ada beberapa pertanyaan dari reviwer dan ada dari peserta juga, emang ga bisa di jawab semua sih, tapi itu cukup buat neglulusin seminar gw dan yang paling bikin seneng adalah reviwernya bilang “latar belakangnya sudah luamayan bagus dan proposal kamu sudah layak untuk diseminarkan” kata kata itu kayak apa ya,,,, bikin ploooonggg banget….  padahal kan kata pacar gw itu proposal masih berantakan banget *makasih bapak… nilainya seminar di KRS’y memuaskan banget… hehehehehe..

 

Pengalaman kakak tingkat gw yang lagi nyususn, waktu itu gw masih semester lima, dia bilang gini, “liat aja ra, pas nyusun pasti lw kurusan” udah seneng aja, jadi lumayan kan gw bisa nurunin lemak-lemak gw mungkin dari 43 jadi 40kg gt,,, hahahaha… Tapi ternyata… hasilnya berat badan gw nambah, makin banyak aja gumpalan lemaknya.. (NASIB), mungkin karena ngetik sambil ngemil udah gitu langsung tidur, jadi gw saranin kalo mau nyemil sebaiknya nyari cemilan sehat kayak sayuran, buah-buahan dan semacamnya. . (abaikan aja kalo ternyata itu ga terbukti juga. . hahaha)

Nyusun skripsi berapa bulan yaaa??? lama deh,,, dan cobaanya banyak banget, siapin stamina, mental, uang apa lagi ya????? do’a dan siapin penyemangat juga kayak gw yang selalu nyiapin Kyuhyun di hati, di lepi, di Hp juga. . Penelitiannya juga ke itung lama kan harus nyesuain sama jadwal sekolah sama kebetulan waktu itu penelitiannya sambil ngambil mata kuliah juga, jadi agak sedikit keteteran,… gw juga harus ngajar buat praktik lapangan. CAPEK, itu yang gw rasain setelah nagajar kurang lebih 15jam satu minggu. karena mungkin ga terbiasa ngajar kayak gitu, dan ngadepin anak-anak SMP 46 orang satu kelas. Tapi,, itu jadi pengalaman juga, gambaran nanti pas gw udah lulus.

Ngitung-ngitung dan revisi hitungan mungkin sekitar 1 bulanan lah, kan harus ngejar-ngejar dosen yang waktunya sangat terbatas buat bimbingan juga, , , tapi untungnya dospem ada waktu tiap minggunya meskipun ga tiap hari… Sebelum lebaran emang udah beres, tapi masih ragu mau ikut sidang gelombang pertama atau nanti, , , padahal udah di acc sih… tapi ya itu, gw terlalu takut ga bisa jawab pertanyaan pas sidang nanti, takut kalo ternyata masih banyak yang slah… akhirnya ga jadi ikut sidang… setelah lebaran, gw bikin surat acc ulang, bimbingan lagi. Masih banyak salah juga ternyata, soalnya kata dospem, kemarin aja yang sidang banyak salah disini banyak yang ga bisa jawab disini, jadi di cari dulu jawabannya, sumbernya,,  nanti baru di acc…. hhhhhhhhh……. Baiklah.. saya harus bersemangat..😀

Lagi nunggu acc sidang, semoga minggu depan bisa acc dan minggu depannya lagi bisa sidang.. ammiiiinnnn… ^^,

Buat yang mau nyusun atau yang masih semester 5, atau yang baru masuk ke, mungkin sebainya nyiapin aja buat skripsi nanti, iseng-iseng aja baca-baca skripsi, statistik skripsinya, minimal ada bayangan nanti skripsi kayak gimana jadi ga blank-blank amat kayak gw gini… . , hehehehe…

 

Tinggalkan Balasan

